SISTEM_INFORMASI

mirzahariady's Blog

COCA-COLA VS PEPSICO DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT



SWOT COCA-COLA


Kekuatan (strengths):
Coca-Cola adalah perusahaan yang sangat dikenali di seluruh dunia.
Popularitasnya telah bertumbuh selama bertahun-tahun yang lalu dan tidak dapat dipungkiri lagi, karena jika kita berbicara kata-kata "Coca Cola” seluruh dunia pun mengakui memang minuman yg diakui disebagian belahan dunia. Uang adalah hal lain yang merupakan kekuatan perusahaan. Kekuatan lain yang sangat penting untuk Coca Cola adalah sebuah loyalitas dari para pelanggannya. Banyak orang / keluarga yang sangat setia kepada produk “Coca-Cola Company” . Contohnya saja, di hidangan minuman pada hari- hari besar seperti hari raya, natal, dll di indonesia.

Kelemahan (weakness):
Dikesuksesannya coca-cola juga memiliki berbagai kelemahan yang perlu diatasi jika mereka ingin bertahan di bisnis dibidang minuman ini. Kelemahan adalah kurangnya popularitas banyak minuman produk Coca Cola. Dari sekitar 400 jenis minuman produksi Coca-Cola hanya beberapa saja yang dikenal ataupun terkenal ( ex: coca-cola, sprite, fanta, ades ) dan sebagian besar tidak diketahui dan jarang terlihat dan tidak tersedia dipasaran. Hal ini bukan karena rasa yang kurang enak tetapi tidak adanya promosi yang besar-besaran. Kelemahan lain yang telah sangat dipublikasikan adalah masalah kesehatan yang menghantui beberapa produk mereka.

Peluang (opportunity):
Coca-Cola memiliki beberapa peluang dalam menjalankan bisnisnya, karena memiliki merek yang sukses. Coca Cola juga memiliki kesempatan untuk mengiklankan produk-produknya yang kurang populer. Dengan pendapatan yang besar ia memiliki uang yang tersedia untuk menaruh beberapa minuman lain di pasar. Ini bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan jika mereka bisa mulai menjual produk-produk lainnya pada tingkat yang sama yang mereka lakukan dengan produk utama mereka. Banyak strategi yang bisa diguakan untuk mempengaruhi jumlah penjualan mereka (Ex : merubah bentuk botol yang menarik)

Ancaman (threats):

Ancaman yang muncul dari coca-cola adalah adanya sikap kesadaran kesehatan. Sekali lagi, beberapa orang mungkin mencoba untuk mengeksploitasi sisi yang tidak sehat dari produk Coca Cola dan dapat mengancam status dan keberhasilan penjualan. ancaman lain tentu saja kompetisi dengan pepsiCo yang telah kita ketahui merupakan rival dan musuh bebuyutan dari jaman nenek moyang kita... hahahaa :P

SWOT PEPSIco

Kekuatan (strengths):
Pepsi merupakan salah satu produk dari PepsiCo yang sangat terkenal diseluruh dunia. Jaringan produk yang luas serta reputasi yang sangat baik membuat pendapatan dan hasil penjualannya terus mengalami peningkatan.
• Kekuatan merek ini terbukti di hadapan PepsiCo di lebih dari 200 negara. Perusahaan memiliki pangsa pasar terbesar di minuman AS di 39%, dan pasar makanan ringan sebesar 25%.
• Diversifikasi PepsiCo jelas dalam fakta bahwa setiap top 18 merek menghasilkan penjualan tahunan lebih dari $ 1.000 juta.
• Sistem pendistribusiannya menggunakan sistem multi-chanel dengan Perusahaan memberikan produknya secara langsung dari manufaktur tanaman dan gudang ke gudang pelanggan dan toko ritel. Ini merupakan bagian dari pendekatan tiga cabang yang berfungsi untuk melindungi pepsiCo dari pergeseran iklim bisnis.

Kelemahan (weakness):
Wal-Mart adalah pelanggan terbesar PepsiCo. Penjualan untuk Wal-Mart mewakili sekitar 12% dari pendapatan bersih's total PepsiCo. Akibatnya keberuntungan PepsiCo dipengaruhi oleh strategi bisnis Wal-Mart penekanan khusus pada penjualan pribadi-label yang menghasilkan margin keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan merek nasional. tema rendah Wal-Mart harga menekan PepsiCo untuk menekan harga.
• Meskipun 52% dari pendapatan berasal dari AS. Konsentrasi ini membuat PepsiCo agak rentan terhadap dampak dari perubahan kondisi ekonomi, dan pemogokan buruh.
• produktivitas relatif rendah di bagian karyawan PepsiCo,dengan gaji yang mereka dapat lebih sedikt dari pesaing lainnya.
• Pada tahun 2008 kontaminasi salmonella dipaksa untuk menarik Bibi PepsiCo Jemima pancake dan campuran wafel dari rak ritel. Ini dikarenakan insiden meledaknya kaleng Diet Pepsi pada tahun 2007. Kejadian tersebut merusak citra perusahaan dan mengurangi kepercayaan konsumen akan produk PepsiCo.



Peluang (opportunity):
PepsiCo berusaha untuk mengatasi salah satu kelemahan potensi(ketergantungan pada pasar AS) dengan memperluas jaringan dengan cara akuisisi dengan perusahaan lain, yaitu dengan mengakuisisi perusahaan besar lain diluar AS. Inisiatif baru ini akan memungkinkan PepsiCo untuk menyesuaikan diri dengan perubahan gaya hidup dari para konsumennya.

Ancaman (threats):
Ancaman disetiap perusahaan-perusahaan besar kurang lebih akan sama, yaitu persaingan dengan perusahaan lain seperti nestle, danone, kraft food dan terutama pada rivalnya Coco-Cola Company. Persaingan keras dapat mempengaruhi harga, iklan, inisiatif penjualan promosi yang dilakukan oleh PepsiCo. Serta PepsiCo rentan terhadap pemogokan dan perselisihan perburuhan yang akan mengganggu baik manufaktur dan distribusi barang. Dan adanya ancaman yang berhubungan dengan lingkungan, kesehatan dan keselamatan mungkin memiliki potensi untuk dampak negatif dari PepsiCo.


Sumber :
http://coca-cola-remodel.tripod.com/id21.html
http://www.marketingteacher.com/swot/pepsi-swot.html

0 komentar: